Susahnya Jadi Mentor

Bagi antum (Anda) yang pernah atau akan menjadi mentor (baca: mentor mata kuliah pendidikan agama Islam) , mungkin merasa terpanggil untuk m...

Bagi antum (Anda) yang pernah atau akan menjadi mentor (baca: mentor mata kuliah pendidikan agama Islam), mungkin merasa terpanggil untuk menghabiskan waktu bersama tulisan ini, dengan tatapan mata yang tajam sambil beriring getar-getar bibir, alias membacanya dengan seksama. Ana hanya ingin menanyakan apakah menjadi mentor susah? Tentu jawabnya bisa bervariasi..

Pertama, kesusahan operasionalistik (operationalistic difficulties). Maksud dari kesusahan ini adalah seorang mentor yang sangat susah bertemu dengan peserta mentoring (mentee) akibat kesibukan sang mentor. Betapa susahnya mencari jadwal kosong yang beririsan antara mentor dan mentee. Mungkin perlu menunggu setahun lebih, atau mungkin 4 tahun. Menunggu sampai sang mentee diwisuda dulu sehingga jadwal kosongnya benar-benar nyata… Demikian juga sang mentor yang suka cari alasan, sibuk. Wajar dong… Mentor!

Kedua, kesusahan yang keras (hard difficulties). Maksud dari tipe kesusahan ini adalah kesusahan yang sebagian besar mentor-mentor karbitan mengalaminya. Mentor seharusnya secara kafaah harus mampu melebihi dari menteenya, sehingga ada yang harus dibagi dan diberikan kepada menteenya. Seorang yang tidak memiliki pasti tidak mampu memberi. Nah, jika mentor tidak memiliki wawasan, atau potensi, atau sesuatu yang bisa dibagikan kepada binaan atau menteenya maka yakinilah bahwa mentor tersebut sedang berada dalam kesusahan yang amat keras, bahkan amat sangat keras sekali.

Ketiga, kesusahan yang lembut (soft difficulties). Ini tak serumit kesusahan tipe pertama dan kedua. Kesusahan ini terletak pada sisi yang terdalam dari diri kita. Umumnya mentor sangat sulit berkomunikasi dengan menteenya, terletak pada kesusahan tipe terakhir ini. Kesusahan 'soft' adalah seorang mentor yang memiliki kualitas ruhiyah di bawah standar. Mentor, tapi shalatnya amburadul. katanya mentor, tapi jangankan ibadah sunnah, yang wajib aja kelabakan. Irama masbuk di setiap waktu shalat menjadi irama-irama adzannya. Bacaan qur'an belepotan akibat jarang tilawah, intinya malas, gak bergairah. Mentor yang tengah berada dalam samudera peristiwa ini diyakini telah mendulang prestasi pada jenjang kesusahan tingkat lembut. Ingat, kesusahan yang satu ini bila mampu diatasi dengan baik maka kesusahan tipe pertama dan kedua akan semakin lebih mudah teratasi.

Terakhir, selamat kepada mentor. Menjadi mentor adalah anugerah. Meski apapun kesusahan antum, syukurilah bahwa ladang amal untuk menuju surga-Nya telah terbuka lebar, yakinilah dan tinggal jalani saja. Apapun kesusahannya , yang jelas jadi mentor dulu, daripada tidak sama sekali!

Wallahu'alam.

oleh: JHD, Penulis lepas Media Center FSLDK SUMBAR
Nama

Agenda,12,Artikel,4,Berita,13,cerita,1,Departemen al banna,9,diskusi,1,download panduan dakwah,1,Galery,4,Inspirasi,6,Kumpulan Novel,1,Motivasi,1,Taujihat,12,Tentang Kami,3,
ltr
item
Blog UKM Al Banna: Susahnya Jadi Mentor
Susahnya Jadi Mentor
Blog UKM Al Banna
https://blog.al-banna.com/2009/02/susahnya-jadi-mentor.html
https://blog.al-banna.com/
https://blog.al-banna.com/
https://blog.al-banna.com/2009/02/susahnya-jadi-mentor.html
true
6186978498577729261
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy