TAPAK TILAS UKM AL BANNA 10 TAHUN

Sudah sepuluh tahun aktifitas dakwah bergeliat di Politeknik Negeri Lampung. Saya yakin usia dakwah lebih dari itu, bahkan bisa seumur kampu...

Sudah sepuluh tahun aktifitas dakwah bergeliat di Politeknik Negeri Lampung. Saya yakin usia dakwah lebih dari itu, bahkan bisa seumur kampus tersebut. Tepat pada tanggal 27 Januari 1999, sebuah nama muncul di kampus tersebut. Sekumpulan mahasiswa pembangun peradaban kampus, peletak pilar-pilar pertama dan pendobrak keangkuhan terhadap Allah SWT memberi sebuah harapan baru bagi moral masyarakat kampus. Mereka menyebutnya UKM Al Banna. Nama yang memiliki arti sebuah pembinaan, harapan bagi pendiri bagi UKM tersebut agar senantiasa melakukan pembinaan bagi masyarakat kampus khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.

Saat ini 27 Januari 2009, sudah puluhan bahkan ratusan kader dakwah pernah dicetak pada organisasi dakwah ini. Mereka telah menempati posisi-posisi yang layak untuk menunjukkan akan kapasitasnya sebagai kader dakwah pada wilayah kerja yang telah mereka masuki. Entah apakah mereka masih semilitan saat itu, atau kini telah menjadi ular yang kehilangan bisanya yang mematikan. Kita sadari bahwa kondisi di masyarakat tidaklah sama dengan kampus, banyak yang perlu kita pelajari tentang bagaimana menghadapi manusia. Dan itu yang terkadang tidak pernah kita sadari….

Saat kita mengkonsep sebuah acara, sesungguhnya kita saat itu sedang belajar bagaimana belajar strategi berdakwah. Saat kita harus datang untuk mengikuti rapat, sesungguhnya saat itu kita sedang belajar bagaimana berbaur dengan masyarakat. Dan, saat kita harus berkorban dalam berdakwah, sesungguhnya saat itu kita sedang belajar bagaimana menjadi manusia yang pantang menyerah. Tidak kah hal itu kita sadari ???

Kita bisa berbangga diri, karena UKM Al Banna masih ada. Walau semangat Al Banna yang pernah ada pada diri kita telah redup, tapi kita bisa berbangga. Kenapa ? Karena masih ada segelintir manusia yang menganggap bahwa dunia itu hanya sementara. Maka orang-orang itu kini aktif untuk berada di Al Banna, membicarakan perkembangan dakwah kampus dan melakukan pembinaan masyarakat. Salam teruntuk orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk perkembangan dakwah di kampus.

Jangan katakan maaf pada kami, karena kami sudah bosan dengan kata-kata tersebut. Tidak kah ingat saat kalian berjanji mengikuti rapat, tapi tidak hadir, dengan mudahnya kalian mengatakan afwan…sebuah kata-kata pembelaan atas kesalahan yang diperbuat. Ikhwah…ketahuilah saat itu kita telah belajar bagaimana mengambil energi harapan pada orang tersebut, belajar untuk menjual kredibilitas kita.

Nama UKM Al Banna kini semakin besar, sudah tidak dipungkiri. Bahkan tidak satu pun aktifis dakwah yang tidak mengenal UKM Al Banna. Tapi, yang jadi pertanyaan adalah, dengan siapa Al Banna bisa mendapat nama baik tersebut. Apakah dengan perjuangan kita atau kita hanya numpang nama besarnya saja……

Sebagai bahan perenungan bahwa Al Banna bukanlah tempat belajar berorganisasi tapi lebih dari itu. Al Banna adalah suatu tempat untuk belajar membina umat. Bila kerangka berpikirnya hanya jadikan Al Banna tempat berorganiasi, maka jawabannya akan terlihat ketika mereka telah menjadi alumni Al Banna. Menjadi buih dilautan. Sekumpullan ular-ular yang telah kehilangan bisanya. Karena tujuannya belajar berorganisasi telah ia dapatkan. Namun, bila kerangka berpikirnya kita perluas menjadi tempat belajar membina umat. Maka seluruh aktifitasnya di Al Banna senantiasa memikirkan metode terbaik untuk berdakwah. Karena ia akan menjadi pembina umat. Sudah tentu tidak hanya ilmu berorganisasi saja yang ia dapatkan, tapi ilmu yang lain pun menjadi turunan dari kerangka berpikir luas yang ia kembangkan ketika seorang kader dakwah berada di UKM Al Banna.

Sebagai tapak tilas kekaguman atas perjuangan kader-kader dakwah yang pernah lahir pada organisasi tersebut, Saya mengucapkan selamat berjuang bagi kader-kader dakwah UKM Al Banna yang saat ini sedang meneruskan estafet perjuangan ini, temukan solusi dari setiap persoalan karena hal tersebut akan menjadikan kalian dewasa dalam berpikir. Jadikan perbedaan merupakan sebuah kekuatan kalian bukan sebaliknya. Kelemahan dan kekurangan terdahulu mohon diperbaiki hingga nantinya Al Banna layak disebut sebagai pencetak generasi terbaik bangsa. Amiiiiin. Keep hamasah. Jangan lupa senyum…!!!!!

Ahmad Rinaldiansyah
Ketua UKM Al Banna periode 2006/2007

Nama

Agenda,12,Artikel,4,Berita,13,cerita,1,Departemen al banna,9,diskusi,1,download panduan dakwah,1,Galery,4,Inspirasi,6,Kumpulan Novel,1,Motivasi,1,Taujihat,12,Tentang Kami,3,
ltr
item
Blog UKM Al Banna: TAPAK TILAS UKM AL BANNA 10 TAHUN
TAPAK TILAS UKM AL BANNA 10 TAHUN
http://1.bp.blogspot.com/-NEuUO-ndVr8/ThFyqGvdNKI/AAAAAAAAANE/YlFzId3bstQ/s320/ALBBANNA%2BWARNA.JPG
http://1.bp.blogspot.com/-NEuUO-ndVr8/ThFyqGvdNKI/AAAAAAAAANE/YlFzId3bstQ/s72-c/ALBBANNA%2BWARNA.JPG
Blog UKM Al Banna
https://blog.al-banna.com/2009/01/tapak-tilas-ukm-al-banna-10-tahun.html
https://blog.al-banna.com/
https://blog.al-banna.com/
https://blog.al-banna.com/2009/01/tapak-tilas-ukm-al-banna-10-tahun.html
true
6186978498577729261
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy